• Hash Table & Binary Tree

    Hashing Table

    (Sumber : https://medium.com/dev-blogs/ds-with-js-hash-table-4715c94083d2)

    Hash Table adalah sebuah struktur data yang terdiri atas sebuah tabel dan fungsi yang bertujuan untuk memetakan nilai kunci yang unik untuk setiap record (baris) menjadi angka (hash) lokasi record tersebut dalam sebuah tabel. Keunggulan dari struktur hash table ini adalah waktu aksesnya yang cukup cepat, jika record yang dicari langsung berada pada angka hash lokasi penyimpanannya.


    (Sumber: https://medium.com/dev-blogs/ds-with-js-hash-table-4715c94083d2)

    Beberapa contoh bagaimana hashing metode ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya di universitas, setiap mahasiswa pastiya diberi NIP atau nomor identifikasi yang digunakan sebagai informasi mengenai mereka. Atau contoh paling nyatanya juga pada perpustakaan, setiap buku akan diberi nomor unik sebagai informasi mengenai buku tersebut, seperti letak penyimpanan, sehingga pengunjung yang meminjam buku tersebut bisa mencari lewat database perpustakaan apakah buku dipinjam oleh orang lain atau masih tersedia diperpustakaan. Kelebihan dari hash table antara lain relatif lebih cepat dan memiliki kecepatan dalam insertions, deletions, maupun searching relatif sama.

    Binary Tree
    (Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Binary_tree)

    Binary Tree atau Pohon Biner adalah sebuah pohon dalam struktur data yang bersifat hirarkis (hubungan one to many). Tree bisa didefenisikan sebagai kumpulan simpul dengan setiap simpul mempunyai paling banyak dua anak. Secara khusus, anaknya dinamakan kiri dan kanan. Binary tree tidak memiliki lebih dari tiga level dari Root.


    Binary tree adalah suatu tree dengan syarat bahawa tiap node (simpul) hanya boleh memiliki maksimal dua subtree dan kedua subtree tersebut harus terpisah. Tiap node dalam binary treee boleh memiliki paling banyak dua child (anak simpul), secara khusus anaknya  dinamakan kiri dan kanan.

    Binary Search Tree adalah tree yang terurut (ordered Binary Tree). Binary Search Tree juga sering disebut dengan Sorted Binary Tree yang berfungsi untuk menyimpan informasi nama atau bilangan yang disimpan di dalam memory. Dengan ini data dibagi menjadi dua dengan mencari titik tengah seagai patokannya. Binary tree terdiri dari simpul utama yang disebut dengan istilah root. Kemudian dari root tersebut terdapat bagian kiri dan bagian kanan.

    Data disimpan setelah root disimpan berdasarkan nilai perbandingan dengan root tersebut. Pengurutan dapat dilakukan bila BST ditelusuri (traversed) menggunakan metode in-order.Binary search tree memungkinkan pencarian dengan cepat, penambahan, juga menghapus data yang ada di dalamnya, bisa juga digunakan sebagai implementasi sejumlah data dinamis, atau pencarian table data dengan menggunakan informasi kunci atau key.

    Implementasi Hash dalam Blockchain
    Teknologi blockchain semakin berkembang dan dapat digunakan dalam  berbagai bidang kehidupan manusia. Salah  satu komponen penting  dalam blockchain adalah fungsi hash yang berguna untuk menjaga konsistensi data dalam blockchain, dan memastikan tidak ada  perubahan data yang terjadi. Penggunaan blockchain oleh banyak orang sekaligus menuntut penggunaan fungsi hash dengan performa yang handal.

    Blok awal pada suatu blockchain disebut dengan blok genesis. Setiap blok memiliki nilai hash dari blok sebelumnya, waktu pembuatan blok, dan data. Desain blockchain tersebut membuatnya resisten terhadap pengubahan data, karena setiap perubahan pada suatu blok akan membuat blok selanjutnya menjadi tidak valid. Untuk menambah keamanan, blockchain disimpan dalam jaringan terdistribusi dengan protokol peer-to-peer tertentu.

    (Sumber: Fadhil Imam Kurnia. Implementasi dan Perbandingan Blockchaindengan Algoritma Hash. 2018)
  • 0 comments:

    Post a Comment

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Powered by Blogger.
    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13